JUAL BELI SAHAM SUDAH DENGAN CARA ONLINE, TINGKAT INVESTOR SEMAKIN BANYAK

Share

Di zaman yang serba canggih ini, teknologi memudahkan semuanya. Termasuk dalam bertransaksi di pasar modal. Dulu, bertransaksi di pasar modal memiliki stigma yang sulit, mahal, eksklusif dan tidak mudah untuk dijangkau secara luas oleh masyarakat. Sebelum masa modern ini, transaksi pasar modal hanya dapat terjadi di lantai bursa atau membeli melalui sambungan telefon untuk menghubungi para broker untuk mengeksekusi transaksi. Penyimpanan kepemilikan saham juga lebih sulit karena dulu lembar saham diperjualbelikan fisik kertasnya.

Sangat berbeda dengan kondisi saat ini, setiap sekuritas berlomba – lomba untuk terus mengembangkan aplikasi untuk bertransaksi saham secara online. Contoh sekuritas menurut Sedata.id  yang memiliki aplikasi yang baik salah satunya adalah Ajaib Sekuritas. Aplikasi tersebut pastinya sudah dilengkapi oleh tools atau fitur – fitur yang mumpuni dan memudahkan para investor dalam mengambil keputusan investasi. Mulai dari fitur charting untuk melihat pergerakan harga saham dilengkapi dengan indikator – indikator seperti MA, Stochastic, Parabolic SAR, dan sebagainya. Dan di AJAIB, memiliki proses yang cepat dalam pembukaan nya dan tidak ada biaya minimal.

Selain itu, ada juga beberapa sekuritas yang memiliki fitur untuk membaca rangkuman dari laporan keuangan perusahaan, mulai dari Balance Sheet, P/L, dan Cash Flow Statement. Bahkan sudah dilengkapi juga dengan beberapa rasio – rasio likuiditas, solvabilitas, hingga valuasi.

Dampak dari tekonologi sendiri memang sangat berpengaruh tidak terkecuali di bidang pasar modal. Dengan adanya internet, semua informasi sangat mudah didapat, segala akses perdagangan juga menjadi mudah dan tidak sulit. 

Dengan adanya inovasi terus menerus, kenaikan investor di Indonesia sangatlah signifikan, berdasarkan data dari BEI, jumlah investor di Indonesia meningkat, dengan jumlah SID di Indonesia pada tahun 2019 dengan jumlah 437.000 dan 643.000 per November 2020.

Diharapkan dengan mudahnya akses dalam bertransaksi di pasar modal semakin besar juga kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih baik.