UDAH NYOBA NABUNG TAPI UANGNYA BOLAK-BALIK KEPAKE?

Share

Menabung adalah hal yang biasa dilakukan baik oleh kalangan dewasa maupun para mahasiswa yang sudah menyiapkan sedikit demi sedikit masa depan mereka. Pada dasarnya, menabung adalah hal yang sangat penting. Mengapa? Karena dengan menabung, kita akan lebih siap untuk merancang masa depan kita, juga kita tidak perlu khawatir saat bertemu dengan kondisi mendesak yang membutuhkan uang. Lalu pernahkah di antara kalian yang merasa sudah menabung namun uang tabungannya selalu habis terpakai? Jika demikian, maka coba lakukan ini:

1. Tentukan target menabung

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menabung adalah menentukan target. Jadi kita tidak asal menabung. Misalnya kalian menentukan untuk satu minggu harus terkumpul tabungan sebesar Rp 100.000. Jadi kalian memiliki target atau tujuan yang harus dicapai sehingga dorongan dan motivasi kalian untuk menabung semakin kuat. Hal tersebut akan berdampak pada jumlah tabungan kalian yang akan semakin bertambah jumlahnya di setiap minggunya.

2. Pisahkan uang pokok dan tabungan

Untuk anak kuliah, biasanya dalam satu bulan mereka akan mendapatkan jatah uang saku bulanan dari orang tuanya. Jumlahnya bisa bervariasi, ada yang mendapatkan Rp 1.000.000, Rp 2.000.000, bahkan sampai Rp 5.000.000 per bulan. Nah untuk teman-teman mahasiswa, kalian bisa langsung mengakumulasikan kebutuhan bulanan kalian. Hindari perilaku boros. Jika kalian mendapatkan uang saku perbulan sebanyak Rp 2.000.000, maka gunakan Rp 500.000 untuk kalian tabung. Ambil langkah tersebut saat kalian sudah menerima uang bulanan. Jangan menabung ketika mendapatkan uang sisa bulanan. Tapi terlebih dahulu menyisihkan sebagian uang saku bulanan untuk kemudian ditabung. 

3. Jangan terlalu diingat

Mungin di antara kalian masih ada yang ketika menabung masih suka mengingat berapa nilai tabungan kalian. Nah ada baiknya kalian mengubah kebiasaan ini. Ketika kalian menabung, anggap saja uang yang kalian tabung adalah uang milik orang lain. Sehingga, pemikiran “Ah beli aja dulu, kan masih ada uang tabungan.” tidak akan merusak target tabungan kalian. Kalian boleh mengingat tabungan kalian ketika memang kalian sedang bertemu dengan situasi mendesak yang memerlukan uang tambahan. Pada momen tersebut, kalian bisa memanfaatkan uang tabungan kalian sebagai penyelamat. 

4. Tukarkan sebagian ke dalam bentuk emas

Ketika kalian sudah memiliki tabungan yang terbilang cukup banyak, maka alokasikan sebagian untuk menjadi investasi emas. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan karna harga emas yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Emas adalah bentuk isntrumen investasi jangka panjang, jadi ketika kalian sudah memutusan untuk menukar uang kalian ke dalam bentuk emas, maka hindari pemikiran bahwa kalian akan mendapatkan untung dalam satu atau dua bulan. Setidaknya, biarkan tabungan emas kalian setidaknya selama 2-5 tahun. Ketika sudah dua tahun, kalian boleh menukarkan laba emas kalian ke dalam bentuk uang, dan tetap sisakan tabungan emas untuk tahun-tahun berikutnya. 

Nah, cara-cara di atas bisa banget kalian pakai sebagai acuan saat sedang menabung. Maka perlu diingat bahwa kegiatan menabung adalah penting. Jadi untuk teman-teman mahasiswa jangan lupa untuk menabung guna mempersiapkan masa depan kalian dan cobalah untuk menggunakan cara-cara diatas agar proses menabung kalian berhasil. Good luck!