MAU PUNYA BANYAK RELASI DARI LINKEDIN? ADA CARANYA!

Share

Apa itu LinkedIn? LinkedIn adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk para profesional membanggakan pencapaiannya, sekaligus aplikasi sebagai ajang memperluas networking. Pertanyaannya, bagaimana cara menggunakan LinkedIn? Bagaimana saya bisa mendapatkan koneksi atau relasi dari LinkedIn? Bagaimana LinkedIn bisa membantu saya mendapat pekerjaan? Sedata.id sudah melakukan research. Lakukan cara dibawah ini, ya!

1. Perbaiki profil LinkedIn

Cara pertama yang harus dilakukan tentunya adalah memperbaiki profile LinkedIn kalian terlebih dahulu sebelum kemudian kalian memperkenalkan diri kepada oarng lain. Berilah nama lengkap kalian dengan pengunaan huruf kapital yang benar. Begitu juga pada bagian deskripsi, tonjolkan suatu hal positif yang ‘ini gue banget!’ tentunya dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang baik dan benar. Selain itu, tuliskan juga secara detail pengalaman dan pencapaian kalian pada bagian yang sudah disediakan. Anggaplah kalian sedang membuat CV karena sejatinya profil LinkedIn kalian adalah CV elektronik yang akan dinilai oleh recruiter.  Dengan begitu, profil LinkedIn kalian bisa menjadi support system ketika kalian memperkenalkan diri ke orang lain, dan lawan bicarapun akan lebih mudah untuk mempercayai siapa kalian sebenarnya. 

2. Cari tau ketertarikan kalian

Setelah kalian memiliki profil LinkedIn yang bagus, mulailah untuk mencari tau, apa sih sebenarnya bidang yang kalian suka? 

Sebagai contoh, apabila kalian tertarik dalam bidang perhotelan, maka tuliskan keyword “hotel” pada kolom pencarian, lalu pilih bagian people. Maka akan muncul orang-orang yang bekerja di bagian perhotelan. Dari staff hingga general manager, hampir semuanya ada. Kalian bisa meminta persetujuan connect dengan mereka. Apabila kalian ingin mendapatkan relasi yang satu kota dengan kalian, maka kalian juga bisa mengatur lokasi pada kolom pencarian. Dengan begitu, orang-orang yang akan muncul hanyalah pekerja hotel yang berada di kota kalian. Apabila kalian ingin bertemu untuk sekedar bertukar pikiran atau sharing terkait dunia hotel, hal tersebut akan sangat mungkin terjadi. 

3. Greetings

Setelah kalian mendapat persetujuan connect dari mereka, mulailah untuk menyapa dengan santun. Ucapkan terima kasih karena sudah menyetujui permintaan connect kalian, dan perkenalkan diri kalian. 

“Biasanya mentok sampai greetings aja, terus bingung mau ngomong apalagi.” Nah, untuk kalian yang punya masalah demikian, kalian bisa memulai dengan pertanyaan yang sifatnya memastikan. Apabila lawan bicara kalian adalah seorang HRD, maka berikan pertanyaan memastikan semacam “Wah, bapak HRD di perusahaan A, ya? Keren banget. Saya juga ada minat untuk menjadi HRD, pak. Saya akan senang sekali jika bapak berkenan untuk sharing dengan saya.” Fokuslah untuk mendengarkan lawan bicara kalian menceritakan semua pencapaiannya. Hindari terlalu banyak menceritakan diri sendiri jika tidak diminta. Dengan begitu, lawan bicara kalian akan merasa nyaman berbicara dengan kalian, dan jika lawan bicara kalian sudah nyaman berbicara dengan kalian, biasanya dari situlah muncul sebuah keberutungan. Entah kalian akan diberi nomor Whatsapp mereka untuk lebih akrab dan sharing lebih lanjut, diajak bertemu, atau bahkan dipermudah untuk masuk ke perusahaan tempat dia bekerja. Maka buatlah lawan bicara kalian senyaman mungkin ketika mereka sedang berbicara dengan kalian. 

4. Jangan hanya melakukan sekali

Apa maksudnya? Ya, jangan lakukan hal diatas hanya kepada satu orang, karena setiap individu berbeda. Kalian dapat mencoba cara tersebut kepada orang-orang berpotensial lainnya. Potensial tidak hanya berarti orang-orang yang sudah mapan dan memiliki pekerjaan, namun seorang fresh graduate juga bisa menjadi seorang individu yang potensial walaupun saat ini mereka belum memiliki pekerjaan. Mengapa demikian? Karena kita tidak akan pernah tahu masa depan seseorang. Maka dari itu jalinlah relasi juga dengan mereka. Kalian dapat saling bertukar pikiran, point of viewdari suatu kasus, dan sebagainya. Hal tersebut tentunya juga akan bermanfaat untuk menambah wawasan dan mengasah skill analisis kalian. Mungkin saja seseorang yang saat ini menyandang status fresh graduate atau jobseeker, suatu hari dia akan menjadi seorang pemimpin di suatu perusahaan. Maka dari itu jalinlah koneksi dengan setiap individu potensial. Tapi bukan berarti kalian tidak boleh selektif, kalian dianjurkan untuk tetap berhati-hati dalam menjalin relasi.

5. Manner

Ketika kalian sedang berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal, maka memperhatikan manner atau tata karma adalah hal yang sangat utama. Hal tersebut akan menjadi penentu first impression yang lawan bicara pikirkan terhadap kalian. Apakah kalian akan dipandang sebagai pribadi yang sopan atau justru sebaliknya. Jangan lupa dengan tiga hal yang termasuk dalam basic manner, yaitu “Maaf, Tolong, dan Terimakasih”. Ucapkan maaf jika kalian melakukan kesalahan. Ucapkan tolong jika kalian memerlukan bantuan orang lain, dan ucapkan terimakasih jika kalian mendapatkan kebaikan dari orang lain. 

Tidak hanya itu, diksi atau pemilihan kata yang digunakan saat berbicara dengan lawan bicara juga perlu diperhatikan, apakah diksi yang kalian pakai sudah tepat di suatu konteks tertentu? Jika belum, maka carilah diksi yang sekiranya tepat dengan suatu konteks tertentu.

Demikianlah cara yang dapat kalian lakukan untuk memperluas networking melalui aplikasi LinkedIn. Jalinlah silaturahmi dengan siapapun yang dirasa baik dan be kind to everyone. Semoga bermanfaat dan selamat mengenal orang baru!