HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT INVESTASI EMAS

Share

Emas merupakan logam mulia yang menjadi salah satu pilihan favorit dalam investasi. Emas di anggap lebih praktiskarena para investor khususnya dalam kelas pemula dapat memulai berinvestasi tanpa perlu khawatir akan merugi. Selain itu, investasi emas juga saat ini dikembangkan menjadi jenis produk seperti tabungan emas sehingga para investor bisa memiliki aset emas dengan mencicilnya melalui tabungan yang tentunya bisa dicairkan kapan pun. Namun, sebelum berinvestasi emas kita seharusnya memperhatikan hal-hal penting yang harus dipertimbangkan. Apa saja faktor tersebut?

  1. Jangka Waktu

Berinvestasi dengan emas memang membutuhkan strategi agar bisa menguntungkan. Salah satunya yang perlu diketahui yaitu jangka waktu idealnya. Berinvestasi emas akan sangat menguntungkan jika dilakukan dalam waktu yang sangat lama atau long-term. Mengapa demikian? Hal ini dibuktikan dengan grafik pergerakan harga emas dalam 10 tahun terakhir di bawah ini. Pada tahun 2011, harga emas masih berkisar pada range 300 – 400 ribuan Namun, di tahun 2020 harga emas mengalami kenaikan yang sangat drastis, yaitu menyentuh harga kurang lebih sekitar 1 juta rupiah.

Gambar 1 Source: goldprice.org 

Jika berinvestasi dengan membeli emas di tahun 2011 lalu menjualnya kembali di tahun 2020, pastinya akan sangat menguntungkan. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan berinvestasi emas dengan jangka waktu yang pendek karena pergerakan harga emas dalam harian, mingguan, atau bulanan akan cenderung berubah-ubah.

2. Fluktuasi Harga

Fluktuasi atau perubahan naik turunnya harga emas juga harus diperhatikan. Seringkali harga emas harian sangat tidak menentu, terkadang naik atau turun. Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam fluktuasi harga emas yaitu perubahan kurs mata uang US Dolar mengingat harga emas di Indonesia mengacu pada patokan USDSemakin tinggi kurs dollar terhadap rupiah atau semakin lemahnya rupiah terhadap dolar, maka harga emas akan naik juga.

Faktor-faktor lainnya yang berkontribusi dalam perubahan harga emas diantaranya yaitu suku bunga, permintaan dan penawaran, serta laju inflasi. 

3. Penyedia Investasi

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penyedia investasi emas. Seringkali banyak sekali program tabungan emas yang di sediakan oleh e-commerce dengan keuntungan yang menggiurkan Namun, faktor keamanan juga harus dipertimbangkan mengingat banyak akun e-commerce yang di retas maupun di jual oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga seringkali jumlah tabungan bisa saja lenyap begitu saja.

Sebenarnya masih banyak penyedia investasi emas yang lebih aman dan terpercaya seperti Antam maupun Pegadaian.

4. Risiko

Emas memang dapat dikatakan sebagai investasi yang rendah resiko. Hal ini dikarenakan emas dianggap memiliki nilai lindung yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Salah satu bukti bahwa emas memiliki nilai lindung yang kuat yaitu ketika emas dihadapkan dengan inflasi. Inflasi dapat diartikan meningkatnya harga-harga barang maupun jasa dalam beberapa waktu secara berkelanjutan yang disebabkan oleh banyak faktor. Keadaan dapat dikategorikan sebagai inflasi jika harga-harga komoditas naik menyeluruh. Seperti contohnya yaitu ketika dahulu uang Rp.1.000 bisa digunakan untuk membeli mie ayam, namun sekarang uang dengan nominal tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk membeli mie ayam karena naiknya harga Lain halnya ketika berinvestasi dengan emas, dimana nilai emas akan mengikuti laju inflasi. Selain itu, emas cenderung bersifat likuid karena keberadaannya diinginkan dan diakui nilainya secara bersama.