PAHAMI CARA MENGATUR KEUANGAN DISINI

Share

Banyak di antara kita yang pasti masih suka berpikir, “Perasaan gaji saya sudah cukup besar, tapi kenapa ya, belum sampe akhir bulan, selalu aja sudah habis? Malahan, kadang saya terpaksa ngutang sama rekan kerja, buat menyambung hidup sampai gajian selanjutnya datang lagi, gimana sih cara mengatur keuangan yang baik?”

Biasanya, kondisi keuangan yang seperti ini terjadi akibat pengelolaan keuangan yang tidak baik. Pengeluaran yang tidak terkontrol biasanya jadi penyebab utama kacaunya keuangan. Bukan cuma itu, kebiasaan berutang secara secara tidak bertanggung jawab juga memperburuk keadaan.

Apa jalan keluar dari masalah keuangan semacam ini? Jawabannya cuma satu, kita harus memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan yang baik?

Ini memang bukan pekerjaan mudah, tapi akan semakin sulit kalau tidak dilakukan sejak saat ini. Kenapa bukan pekerjaan mudah? Karena ada langkah-langkah yang harus kamu lakukan satu per satu. 

Langkah pertama dalam pengelolaan keuangan adalah membuat anggaran keuangan. Sebab, anggaran yang baik akan bisa membantu kamu mengelola keuangan dengan baik.

Bagaimana ya membuat suatu anggaran keuangan

  1. Ketahui komponen yang masuk sebagai pemasukan.

Komponen pemasukan ini adalah sumber-sumber penghasilanmu dalam suatu periode tertentu setelah dipotong pajak biasanya bulanan dan tahunan. Kalau kamu udah berkeluarga, berarti pemasukan bulananmu mencakup pemasukan istri/ suami. 

2. Ketahui komponen yang masuk sebagai pengeluaran.

Kebalikan dari pemasukan, komponen pengeluaran bulanan merupakan pos-pos yang harus dipenuhi dengan uang pemasukan kamu. Ada 2 jenis pengeluaran yaitu pengeluaran wajib atau primer, dan pengeluaran sekunder. Untuk pengeluaran wajib seperti contoh yaitu membayar pajak, hutang, asuransi, belanja bulanan dan lain lain. jika untuk pengeluaran sekunder seperti travelling.

3. Buat Tujuan Keuangan

Setelah kita tahu apa yang menjadi pemasukan dan pengeluaran kita. Langkah selanjut nya tentukan tujuan tujuan keuangan yang akan kita raih. Tujuan keuangan dibagi 3 dari segi waktu yaitu jangka pendek (< 1 tahun), jangka menengah (1-5 tahun), dan jangka ponjang (>5 tahun).

4. Sesuaikan instrumen investasi dengan tujuan keuangan kita

Untuk tujuan jangka pendek, biasanya simpan dana di uang cash, tabungan, deposito, RDPU, dan emas batangan. Untuk tujuan jangka menengah bisa ditempatkan di deposito dan obligasi negara. Dan untuk jangka panjang bisa ditempatkan di saham.


Kesimpulannya, kalau kamu sudah membuat anggaran pengelolaan keuangan, yang harus dilakukan selanjutnya adalah disiplin dalam menjalankannya. Sekali lagi, kalau konsisten, kamu bisa memenuhi semua kebutuhan pokokmu, bersenang-senang, sekaligus mempersiapkan masa depan yang lebih baik, untuk dirimu sendiri, maupun keluarga.