MENGULIK NILAI TUKAR RUPIAH DI NEGARA-NEGARA ASEAN. MANAKAH YANG LEBIH UNTUNG?

Share

Mata uang memegang peranan yang sangat penting dalam proses transaksi dalam perekonomian. Dalam proses bertransaksi seperti membeli barang di luar negeri, seringkali kita menggunakan mata uang yang berbeda-beda. Mata uang tersebut tentu harus dibandingkan dengan mata uang negara asal kita yaitu Rupiah untuk mengetahui tinggi rendahnya mata uang. Nah, lalu bagaimanakah nilai tukar Rupiah di negara-negara ASEAN?

1. Singapura (Singapore Dollar/SGD)

Negara yang di kenal sebagai negeri seribu larangan ini memang terkenal dengan biaya hidup yang sangat tinggi dan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang paling maju. Hal ini disebabkan oleh gencarnya produktivitas perekonomian Singapura dalam sektor industri dan jasa/perdagangan. Pertumbuhan ekonomi yang pesat tentu saja mempengaruhi nilai tukar mata uang. Nilai tukar Rupiah (IDR) terhadap Dolar Singapura (SGD) memang masih sangat rendah. Per September 2020, rata-rata 1 Rupiah setara dengan 0,00009 Dolar Singapura. Sebaliknya, 1 dolar Singapore  bernilai kurang lebih 10.800 rupiah. 

2. Brunei Darussalam (Brunei Dollar/BND)

Negara yang satu ini juga tidak kalah dengan Singapura. Negara yang beribu kota Bandar Seri Begawan ini memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah seperti minyak, gas alam, dan batu bara. Potensi yang dimiliki oleh Brunei Darussalam yaitu di bidang pertanian seperti padi, sayur-mayur, dan buah-buahan tropis. Berbicara mengenai nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Brunei (BND) memang tidak jauh dari Singapura. Rata-rata, 1 Rupiah nya setara dengan 0,00009 Dolar Brunei. Sedangkan, 1 Dolar Brunei nya bernilai sekitar kurang lebih di rate 10.900 rupiah. 

3. Malaysia (Ringgit/MYR)

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang tergolong cukup maju. Negeri yang kerap kali di sebut sebagai Negeri Jiran ini pernah menempati peringkat ketiga di Asia Tenggara dengan perekonomian terbesar berdasarkan kategori Produk Domestik Bruto (PDB). Mekipun demikian, saat ini di Kuartal-II 2020 pertumbuhan ekonomi di Malaysia minus sebanyak 17,1% yang disebabkan oleh pandemi Virus Corona. Tidak hanya di Malaysia, pandemi memang menyebabkan kemerosotan perekonomian di seluruh dunia. Lalu bagaimanakah nasib nilai tukar Rupiah terhadap Ringgit (MYR)? Jika dibandingkan, memang nilai tukar Rupiah tetap saja masih lemah terhadap Ringgit. Per September 2020,  1 Rupiah nya bernilai setara dengan 0,00028 Ringgit, sedangkan 1 Ringgit nya bernilai kurang lebih sekitar 3.500 rupiah.

4. Thailand (Baht/THB)

Siapa lagi yang tidak mengenal Negeri Gajah Putih yang satu ini? Thailand memang salah satu negara yang terkenal dengan industri perfilmannya. Selain itu, negara ini juga di kenal kulinernya dan wisatanya. Banyak sekali wisatawan-wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Thailand. Mata uang yang digunakan untuk bertransaksi di sana yaitu di kenal dengan Baht (THB). Lalu, bagaimana nilai tukar Rupiah terhadap Thailand? Nilai tukar Rupiah (IDR) terhadap Baht (THB) tetap saja masih rendah. 1 Baht nya saja bernilai sekitar 0,00212 Rupiah. Sedangkan untuk 1 Baht nya setara dengan 470 Rupiah. Tidak mengherankan  biaya hidup di Thailand lebih mahal ketimbang di Indonesia jika di rata-rata.

5. Filipina (Peso/PHP)

Negara yang satu ini merupakan negara kepulauan yang berdekatan dengan Samudera Pasifik. Negara yang kerap kali dijuluki sebagai Rumah Revolusi Hijau ini memiiliki potensi kekayaan alamnya yang melimpah sebagai penggerak perekonomian seperti di bidang pertanian dan pertambangan. Mata uang yang digunakan dalam kegiatan perekonomian di Filipina yaitu Peso. Per September 2020, 1 Peso nya bernilai kurang lebih lebih 0.00326 Rupiah. 

6. Myanmar (Kyat/MMK)

Myanmar atau di kenal dengan nama lain Burma merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak Pagoda sehingga sering di sebut dengan negara Seribu Pagoda. Oleh karena itu, negara yang satu ini memiliki potensi pariwisata di bidang kebudayaan. Myanmar ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Myanmar memiliki standar hidup yang lebih murah dibandingkan dengan Indonesia. Berwisata ke negara yang satu ini tidak terlalu merogoh kocek yang terlalu banyak. 1 Kyat nya bernilai kurang lebih 0.09 Rupiah saja.

7. Kamboja (Riel/KHR)

Negara beribu kota Phnom Penh ini memiliki suplai pertumbuhan ekonomi dari sektor pertanian, pariwisata, garmen, dan properti. Negara ini juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi wisata termurah di Asia Tenggara. 1 Riel nya saja dihargai setara dengan 0,2783 Rupiah.

8. Laos (Kip/LAK)

Negara yang satu ini merupakan negara yang terkurung daratan dan terletak di semenanjung Indochina Asia Tenggara. Laos memiliki potensi dalam menunjang perekonomian di bidang pertanian seperti padi, kopi, dan tembakau dan di bidang pertambangan seperti timas, tembaga, emas, dan perak. Mata uang yang digunakan dalam bertransaksi yaitu Riel (KHR). Lalu, bagaimana nilai tukar Rupiah terhadap Riel? Per September 2020,1 Riel dihargai rata-rata sekitar 0,2783 Rupiah.

9. Vietnam (Dong/VND)

Negara yang satu ini seringkali dijuluki sebagai Lumbung Padi karena mata pencaharian sebagian besar warganya adalah petani. Selain itu, Vietnam juga terkenal sebagai salah satu negara pengekspor beras terbesar di dunia. Keunikan lain dari negara berbendera bintang yang banyak diketahui yaitu nilai mata uangnya yang rendah. Nilai tukar Rupiah terhadap Dong Vetnam di nilai yang tertinggi di antara negara-negara ASEAN lainnya. 1 Dong Vietnam dihargai setara dengan 1,55 Rupiah.

Tabel Nilai Tukar Rupiah Terhadap Mata Uang Asing Per September 2020

NoKonversi DariKonversi KeKurs
1IDRSGD0,00009
2IDRBND0,00009
3IDRMYR0,00028
4IDRTHB0,00212
5IDRPHP0,00325
6IDRMMK0,08780
7IDRKHR0,27446
8IDRLAK0,61900
9IDRVND1,56

Source: id.exchange-rates.org