5 HAL PRODUKTIF YANG BISA DILAKUKAN SAAT PANDEMI

Share

Saat kondisi pandemi seperti ini, pasti ada di antara kalian yang sering merasa “Duh, hari ini kok rebahan mulu ya? Enakanya ngapain ya?” Nah, disini kami punya 5 cara bikin hari-hari kalian jadi lebih produktif. Simak baik-baik, ya!

1. Lakukan Hobi Kalian

Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing. Apa sih hobi kalian? Ketika kalian memiliki hobi menggambar, maka cobalah untuk meluangkan waktu dalam sehari untuk menggambar apa yang kalian suka. Jangan ragu untuk memposting gambar kalian ke sosial media. Kita tidak tau kapan keberuntungan akan datang. Siapa tau dengan iseng-iseng memposting gambar ke sosial media ternyata bisa mendatangkan keberuntungan. Namun perlu diingat, bahwa ketika kalian menggambar, niatkanlah hati kalian memang untuk menggambar, tidak untuk mendapat pujian atau keberuntungan.  

2. Lakukan Hal Baru

Hal baru seperti apa? Sebagai contoh, apabila kalian adalah seorang mahasiswa, maka kalian bisa mulai membaca previous study untuk persiapan skripsi kalian. Bacalah dari semua topik dan tentukan satu topik yang memang diminati untuk menjadi topik skripsi kalian. Dengan begitu, ketika saat skrisi tiba, kalian sudah ada persiapan atau ancang-ancang untuk membuat skripsi.

Kemudian sebagai contoh lain, pikirkanlah sesuatu yang bersifat mendukung masa depan kalian. Apabila kalian memiliki cita-cita sebagai HRD, maka mulailah cari tahu tentang apa saja yang perlu disiapkan agar menjadi HRD yang profesional. Apa saja tanggung jawab seorang HRD, seperti: melakukan payroll, mengatur kinerja karyawan, mengevaluasi kinerja karyawan, dan sebagainya. Kalian bisa dengan mudah menemukan informasi yang kalian mau dengan bantuan Google.

3. Olahraga

Dengan memiliki banyak waktu luang, kalian bisa melakukan berbagai kegiatan yang tentunya akan menguntungkan diri kalian sendiri. Seperti misalnya dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dengan berolahraga. Banyak sekali variasi olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Kalian bisa menonton YouTube untuk gerakan-gerakan ringan yang bisa kalian tiru di rumah. Selain mendapatkan tubuh yang sehat, olahraga juga akan menjadi suatu kebanggan ketika pandemi telah berakhir dan tiba satnya kalian berkumpul dengan teman-teman, kemudian ada salah satu dari mereka yang berkata, “Wah, sekarang ideal ya badannya.”

Maka dari itu, jangan malas untuk merawat tubuh dengan berlahraga, ya!

4.  Mengikuti Seminar Online

Saat pandemi, banyak sekali berseliweran flyer yang berisi tentang seminar online atau yang biasa disebut dengan webinar. Ada yang berbayar, dan ada juga yang gratis. Kalian bisa menyesuaikan akan mengikuti yang mana. Dengan mengikuti webinar, kalian secara otomatis akan mengupgrade pengetahuan serta relasi. Jangan malu untuk make friends ketika kalian berada ditengah-tengah lingkungan yang baru. Ajaklah mereka untuk berkenalan. Jangan remehkan kekuatan relasi. Bisa saja ada salah satu dari mereka yang ikut berkontribusi dalam kesuksesanmu di masa depan kelak. Tetapi, tetap pilih-pilih, ya. Tidak semua orang bisa menjadi relasi yang baik.

5. Belajar Bahasa Inggris

Nah, ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang. Bahasa adalah hal yang penting dan sangat dibutuhkan di era sekarang. Kebanyakan lowongan kerja yang beredar saat ini juga telah mensyaratkan Bahasa Inggris sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan suatu posisi pekerjaan. Maka untuk mempersiapkan itu semua, mulailah untuk belajar Bahasa Inggris. Belajar Bahasa Inggris saat ini sangat mudah karena sudah banyak wadah untuk para pemula. Apbila di antara kalian merasa sudah pandai berbahasa Inggris, maka saatnya untuk belajar bahas asing yang lain yang tentunya bahasa tersebut sewaktu-waktu akan berguna untuk masa depan seperti: Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Spanyol, Bahasa Mandarin, dan lain-lain.

Nah! Hal di atas adalah 5 kegiatan produktif yang bisa kalian lakukan saat pandemi. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca dan selamat memiliki hari-hari produktif!